PROFIL KOMISIONER DAN SEKRETARIS

EKI BUTMAN, S.Hut

(Ketua / Divisi Keuangan, Umum, Logistik dan Rumah Tangga)

Eki, begitu panggilan pria kelahiran 2 Juni 1983 ini. Nama lengkapnya Eki Butman. Ia lahir di Saruaso. Saat ini ia berdomisili di Jl. Sukun Desa Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Terpilih menjadi komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk periode 2018-2023. Sebelumnya ia menjadi Manager disalah satu perusahaan perkayuan di Mentawai, yaitu PT.MPL ditahun 2014-2018, dan juga pernah menjadi Konsultan Pemberdayaan Masyarakat pada PNPM-MPd. Saat ini, bapak dua anak ini dipercaya untuk menjadi Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai sekaligus memegang divisi Keuangan, Umum, Logistik dan Rumah Tangga.

Pengalaman pernah menjadi Pemantau Pemilu dan Penyelenggara Pemilu tingkat PPK, menjadi modal bagus bagi Eki untuk menjalankan tugasnya di bidang kepemiluan. "Semoga pengalaman selama menjadi Pemantau Pemilu dan ikut menjadi Penyelenggara badan Adhoc menjadi modal bagi saya untuk amanah dan lebih baik dalam menjalankan kepercayaan menyelenggarakan Pemilu", kata dia.

Semasa kuliah, alumnus Fakultas Kehutanan UMSB ini sudah pernah terlibat dalam dunia demokrasi. Eki pernah ikut berkompetisi pada proses pemilihan senat kampus dan beliau juga pernah terpilih menjadi Ketua BEM Fakultas Kehutanan UMSB. Disamping itu beliau juga pernah terlibat sebagai sukarelawan pemantau Pemilu, pada lembaga Komisi Independen Pemantau Pemilu (KIPP).

Semasa mahasiswa, Eki aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan. Selain aktif pada organisasi intra kampus, beliau juga dikenal sebagai aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Beberapa posisi penting pernah dijabat oleh Eki semasa di HMI, selain pernah menjadi Ketum Komisariat UMSB, beliau juga pernah menjadi Sekretaris Umum HMI Cabang Padang periode 2007-2008.

Dalam organisasi sosial kemasyarakatan, Eki sangat aktif membina generasi muda, sehingga Eki pernah menjadi utusan pemuda pada Badan Perwakilan Rakyat Nagari (BPRN) Nagari Saruaso. Naluri berorganisasi Eki juga selalu terjaga, terakhir Eki juga bersumbangsih terhadap almamater kampusnya, pada tahun 2017 beliau didaulat menjadi Sekjend IKA Fahutan UMSB. Pengabdian yang tiada henti beliau terlihat dari moto hidupnya `ilmu, iman, amal dan yakin usaha sampai` selalu menjadi pedoman beliau dalam menjalani kehidupan sosial bermasyarakat. Saat ini beliau memilih totalitas di dunia Kepemiluan, keputusan beliau dengan meninggalkan zona nyaman dari pekerjaan sebelumnya patut diapresiasi. Semoga dengan niat yang tulus dan iklas akan mampu membawa arah demokrasi di bumi sikerei untuk lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

ISWANTO, S.Pdi

(Anggota / Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu)

Pria yang akrab dipanggil Pak Lek ini sudah tidak asing lagi di bumi sikerei (sebutan lain dari Mentawai), aktivis penanggulangan bencana ini lahir di Aek Nabara kabupaten Labuhan Batu Sumut pada tanggal 7 November 1983.

aktif diberbagai media sebagai jurnalis telah membawa perjalanan panjang hidupnya mengabdi untuk masyarakat, telah banyak masukan dan ide beliau yang digoreskan dalam berbagai tulisan berupa artikel dan penelitian. Berbagai riset dan aktivitas sosial kemasyarakatan telah dilalui beliau diberbagai lembaga penelitian dan beberapa NGO seperti Mercy Corp Amerika Serikat, AIFDR Australia, TFCA Amerika Serikat. Diberbagai lembaga atau NGO tersebut beliau juga berperan dalam ide dan masukan, sehingga berbagai posisi penting di NGO selalu diberikan kepada beliau.

Berbekal pengalaman sosial kemasyarakatan telah memanggil beliau untuk ikut mengabdikan dirinya sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai. Semasa menjadi wartawan beliau melihat ada beberapa aspek dalam pelaksanaan Pemilu di Mentawai yang mesti diperbaiki, misalnya meningkatkan interaksi penyelenggara Pemilu dengan berbagai Pihak Terkait. Atas dasar tersebut mantan Redaktur majalah Sasaraina ini mantap untuk masuk didunia kepemiluan dan terpilih menjadi Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Mentawai periode 2019-2023 dan menaungi Divisi Teknis penyelenggaraan Pemilu.

Alumnus D-II IAIN Imam Bonjol dan melanjutkan pendidikan di S-I STAI YATIS ini semenjak kuliah telah aktif dalam di pergerakan kampus dan Jurnalistik. Dunia pergerakan kampus telah membawa beliau ikut berperan dalam berbagai konstelasi demokrasi, baik intra maupun ekstra kampus. Iswato pernah terlibat dalam proses pemilihan Presiden Mahasiswa IAIN sebagai kandidat Presma. Aktivis kampus yang pernah mendaftar HMI dan aktif di PMII ini juga berperan aktif dalam Muswil KNPI Sumbar.

Dalam urusan pembekalan diri, berbagai Training dan Pelatihan telah diikuti oleh beliau, diharapkan pemuda bertalenta penulis, desain dan fhografer ini mampu membawa angin demokrasi yang segar dan sejuk dalam pelaksanaan Pemilu di Mentawai. "Keselamatan Manusia adalah Hukum yang Tertinggi, Yakin Usaha Sampai" begitulah moto beliau.

MARIA DELFI YANTI MARUHAWA, S.Sos

(Anggota / Divisi Hukum dan Pengawasan)

Perempuan yang beruntung dalam pererebutan komisioner KPU Kab. Kep. Mentawai ini bernama lengkap Maria Delfi Yanti Maruhawa dan biasanya kebanyakan masyarakat memanggil dengan sebutan buk delfi atau buk maria. Lahir di Kota Padang pada tanggal 06 Oktober 1984.

Beraktivitas di kantor KPU Kab. Kep. Mentawai sebagai Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan sejak tahun 2018 hingga sekarang, dan sekaligus menetap di Kepulauan Mentawai yang beralamat di K.M. 7 Gang Sukun No. 102 Dusun Tunas Baru Desa Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara.

Semasa kecil beliau banyak dihabiskan di kota padang dengan pernah bersekolah di SDN 07 Belakang Tangsi, Dilanjutkan di SLTP PGRI 04 Padang Selatan, diteruskan pada SMU Swasta Kristen Kudus Padang, pada akhirnya diakhiri pada jenjang pendidikan S1 pada STIA LPPN Padang pada tahun 2015.

Banyak berkecimpung di dunia organisasi perempuan, tentu Kak Delfi memiliki potensi menjadi seorang yang mampu membuat kebijakan. Adapun organisasi yang pernah di ikuti adalah Dharma Wanita Persatuan (DWP) Mentawai (2008-2018), PKK Kab. Kep. Mentawai (2009-2018), Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Pesekutuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI) Cabang Mentawai (2016-2018) dan Organisasi Kemanusiaan Untuk Penanggulangan Bencana yang bekerjasama dengan NGO ASB (2015-2018).

FERNANDO GULTOM, S.Pd

(Anggota / Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM)

Pulau Siberut merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pulau ini telah dipisahkan oleh air laut semenjak kira-kira setengah juta sampai satu juta tahun lampau (pleistocene), dan menjadikan pulau ini memiliki keunikan dalam keanekaragaman hayati, ekologi dan juga budaya yang sangat tinggi. Isolasi geografis tersebut berakibat adanya jumlah endemik yang besar untuk flora dan fauna yaitu bentuk-bentuk yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

Dipulau Siberut inilah terlahir Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai Pada tanggal 24 Mei 1986 bernama Fernando Gultom. Tumbuh dan berkembang dipulau ini, mengenyam pendidikan SD-SMP-SMU dipulau ini juga. Tak berhenti sampai disitu, niat kuat memiliki cita-cita dan masa depan akhirnya melanjutkan pendidikan keguruan jurusan Biologi di Perguruan Tinggi Keguruan (STKIP-PGRI) Padang.

Berjuang untuk Siberut yang kaya akan keanekaragaman hayati, ekologi dan budaya dengan ikut bergabung di LSM lokal yang bernama Perkumpulan Siberut Hijau (PASIH). Pada tahun 2014- 2018 ikut bergabung sebagai Tenaga honor di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepualuan Mentawai. Dengan cita-cita, pengalaman Pemilu/Pilkada yang telah dilalui dan sebagai putra daerah, terpanggil untuk mengikuti seleksi anggota KPU pada bulan Maret 2018, dengan ijin yang Maha Kuasa akhirnya nama lengkap Fernando Gultom lulus menjadi anggota KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai Periode 2019-2023 (Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi).

Dengan pengalaman yang ada sejak tahun 2014 di KPU, dan dengan keberagaman latar belakang komisioner lainnya serta kerjasama yang baik dengan Sekretariat menjadikan KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai Tim yang solid dalam penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019.

Atas amanah sebagai penyelenggara, tersirat cita-cita : Menjadikan KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai bermartabat, menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Daerah, menjadi penyelenggara yang berdaulat dan jembatan demokrasi bagi masyarakat untuk menentukan pilihannya dalam pembangunan di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang kita cintai.

DEWI PURNAMA, S.E

(Anggota / Divisi. Perencanaan Data dan Informasi)

Perempuan beruntung berikutnya yang berhasil menjadi komisioner KPU Kab. Kep. Mentawai bernama lengkap Dewi Purnama dengan panggilan akrab ditengah masyarakat buk Dewi. Lahir di Sioban, Sipora Selatan pada tanggal 19 April 1981.

Beraktivitas di kantor KPU Kab. Kep. Metawai sebagai Koordinator divisi Program data sejak tahun 2018 hingga sekarang. Dan sekarang ini menetap di Jalan Raya K.M 8 Desa Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara.

Masa kecil beliau banyak dihabiskan dibeberapa tempat, yakni SDN 01 Sioban, dilanjutkan di SMPN Barung-Barung Balantai Pesisir Selatan, diteruskan di SMKN 03 Kota Padang dan terakhir di Universitas Putra Indonesia dengan keahlian di bidang Akuntansi pada tahun 2003.

Sebelum beraktifitas di Kantor KPU Mentawai, buk Dewi sempat beraktifitas dibeberapa tempat yakni, Finance Asistent Surfaid Internasional (2008-2013) sebuah LSM yang mempunyai aktifitas di Kabupaten Kepulauan Mentawai waktu itu, Tenaga Kontrak di Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai (2015-2018) dan terakhir menjadi Komisioner KPU Kab. Kep. Mentawai dengan masa bakti 2018-2022.

JUFRI NELSON SIREGAR, S.SOS, M.Si

(Sekretaris KPU Kab. Kepulauan Mentawai)

Bapak tiga anak ini bernama Jufri Nelson Siregar, Lahir di Medan tanggal 18 November 1973 dengan pangkat Pembina Tk. I dan Golongan IV b.

Masa kecil beliau banyak dihabiskan di Kota Medan dengan pernah bersekolah di SD Negeri 060924, SLTP Negeri 13, dan Swasta Dharma Bakti. Selanjutnya pendidikan beliau dilanjutkan pada Sekolah Tinggi Pendidikan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor dengan tingkat pendidikan D-III. Tahun 1995. Diteruskan jenjang pendidikan S-1 STIA LAN RI di Jakarta dengan jurusan Administrasi Negara pada tahun 2001, dan terakhir jenjang pendidikan beliau adalah S-2 di Universitas Bung Hatta Kota Padang dengan gelar Magister Sains Manajemen di tahun 2016.

Dengan berbagai pelatihan yang telah beliau ikuti dan yang tetinggi adalah Diklat Kepemimpinan Tk. III, tentu tidak asing lagi dengan pekerjaan yang ada di instansi pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Adapun beberapa yang pernah dipegangnya yaitu Pj. Kepala Bagian Umum, Kepala Subbagian Umum, Kasubbag Pengendalian Pencemaran Lingkungan Hidup, Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Kepala Kantor Kesbangpolinmas, Sekretaris Dinas Perindagkop dan UMKM dan Sekretatis KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai.